css

Pengenalan CSS

Sebelum Anda dapat menguasai CSS, tentunya Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian dari CSS itu sendiri. Dalam bab ini, Anda akan mengetahui sejarah singkat lahirnya CSS, kegunaannya, dan cara penggunaannya.


A. Sejarah Singkat CSS



Pada tanggal 17 Desember 1996, World Wide Web Consortium (W3C) menjadikan CSS sebagai bahasa pemrograman standard dalam pembuatan dokumen web. Tujuannya adalah mengurangi pembuatan TAG-TAG baru olehNetscape dan Internet Explorer (IE), karena pada masa itu kedua browser saling bersaing mengembangkanTAG sendiri untuk mengatur tampilan web.CSSlevel


1 mendukung pengaturan tampilan dalam hal:1.Font (jenis, ketebalan),

2. Warna teks, latar belakang, dan elemen lainnya,

3.Text attributes, misalnya spasi antar baris, kata, dan huruf,Selanjutnya di tahun 1998,  W3C               menyempurnakan CSS awal dengan menciptakan standard CSS2 (CSS level 2) – yang menjadi standard  hingga saat ini.

Pada CSS l evel 2 ini, di masukkan semua atribut dari CSS1, serta diperluas dengan penekanan pada International accesibility and capabilitykhususnya media-specificCSS.

Bahkan pada perkembangannya, saat ini sudah muncul CSS3. Pekerjaan dari CSS3 dimulai pada tahun2000, tidak lama setelah CSS2 di implementasikan. CSS3 ini sampai sekarang masih terus dikembangkan, spesifikasinya dibagi pada beberapa topik atau modul.




CSS

Tidak ada komentar: